Kamis, 22 Januari 2015

TAJEN

Tidak ada komentar :
KEJAYAAN AYAM ADUAN BERDASARKAN PRIMBON HARI
Percaya atau tidak, bahwa ternyata ayam aduan memiliki keberuntungan (menangan/hokky) dikalangan (arena pertandingan) apabila ayam tersebut turun di arena pertandingan dengan hari yang tepat menurut primbon warna kaki ayam tersebut.

(WARNA KAKI)
Kuning = 9
Hitam = 5
Putih = 7
Hitam rajah = 5
Hijau = 5


(HARI) 
Jumat = 6
Sabtu = 9
Minggu = 5
Senin = 4
Selasa = 3
Rabu = 7
Kamis = 8


HARI (PANCA WARA)
Umanis(legi) = 5
Paing =9
Pon =7
Wage =4
Kliwon =8


Contoh:
Apabila kita mempunyai ayam warna putih,maka ngadua ayam tersebut sebaiknya pada hari rabu pon atau minggu pahing,dengan asumsi bahwa pada hari rabu yang nilainya 7 dan pon nilainya 7 dan warna kaki ayam putih nilainya 7,kalau kita jumlahkan nilai diantara ketiganya itu adlah 21,asumsi bahwa kita menang itu adalah jumlah nilai apabila dibagi 3 mnghasilkan bilangan biasa yang tidak ada koma (misal 7,2 atau 7,1) karena jumlah 21 bila dibagi 3 menghasilkan angka 7(tidak ada koma) berarti pada hari rabu pon itu menang adalah ayam yang mempunyai sisik kaki putih yang penting penjumlahan dari ketiga aspek tersebut.

(ARAH) 
Timur =1
Selatan =2
Barat =3
Utara =4
Kalau untuk menentukan dari arah mana kita melepas ayam aduan,hitungannya sama dengan penjumlahan dengan yang di atas. Apabila kita mempunyai kaki ayam putih dan kita adu pada saat hari rabu pon,hitungannya dumulai dari arah timur. Untuk nilai 21 adalah melepas dari timur,mengapa? 
Untuk nilai 
1= timur
2= selatan
3=barat
4=utara 
Nanti kalau diteruskan angka 21( jumlah dari tiga aspek di atas) nanti akan ketemu pada arah timur jadi kalau melepas ayam harus dari sebelah timur menghadap ke barat.
Maksudnya disini adalah jumlah nilai warna kaki (ayam) + nilai hari (sapta wara)+ nilai hari(panca wara) dibagi 4,jika jumlah bilangan biasa (tanpa koma) berarti nilai arahnya 4(utara),sisa 3(barat),sisa 2(selatan),sisa 1(timur).


WARNA PAKAIAN UNTUK BEBOTOH
Pahing =merah
Legi(umanis) =putih
Pon =kuning
Wage =hitam
Kliwon = warna-warni


UNTUK BEBOTOH MELIHAT
Legi(umanis)=timur
Paing =selatan
Pon =barat
Wage =utara
kliwon =pojok barat dan selatan

Tidak ada komentar :

Posting Komentar